-->

5 Contoh Niche Blog yang Bagus untuk Adsense dan Keuntungannya


Pada posting sebelumnya tentang bagaimana mendapatkan penghasilan ribuan dolar dari blog dengan adsense, telah kami singgung pentingnya niche blog (tema/topik blog) yang spesifik, bukan blog dengan tema gado-gado/campur-campur. Banyak sekali keuntungan membangun sebuah blog dengan niche spesifik atau fokus pada satu tema. Dalam artikel kali ini, akan kami sampaikan beberapa contoh niche blog yang bagus untuk adsense.


Beberapa keuntungan niche blog yang spesifik adalah 
  1. Identitas blog jelas. Untuk blog dengan tema spesifik, maka pengunjung yang membaca blog pun tertarget.
  2. Konten Blog lebih mudah terindeks oleh Google
  3. Lebih mudah dierima oleh Adsense, dan
  4. Iklan dari Adsense yang tertarget (sesuai) dengan konten blog, 
  5. Dengan iklan yang tertarget, tentu saja nilai klik iklannya juga semakin besar. 
  6. Selain itu, blog dengan niche spesifik juga memudahkan untuk membangun internal link. 
Nah, jadi jika Anda saat ini sedang memulai membangun sebuah blog, sebaiknya Anda tentukan terlebih dahulu apa tema yang akan Anda garap. Artikel ini akan memberikan beberapa contoh tema blog yang sangat bagus untuk program Adsense, dan semoga bisa menjadi inspirasi bagi Anda.

1. Tips dan Trik SEO

Bagi Anda yang sudah lama menekuni blog, tentu tidak asing dengan SEO. Akan tetapi bagi pemula, kadang belum tahu apa itu SEO. SEO adalah Search Engine Optimization. Blog dengan tema tips dan trik SEO atau blog yang khusus membahas bagaimana membangun blog agar menjadi nomor satu pada mesin pencari (utamanya) GOOGLE, atau mesin pencari lainnya seperti Yahoo atau Bing, akan sangat laku keras. Sedikit kesulitannya, blog dengan niche Tips dan Trik SEO biasanya hanya bisa digarap oleh blogger yang memang sudah ahli dalam SEO. Jika Anda tidak paham akan SEO, dan memaksakan diri menggarap niche blog SEO dengan modal copy-paste, maka tidak akan lama pembaca blog anda akan kabur (tidak berkunjung lagi) bila menemukan satu (apalagi banyak) artikel di blog anda yang menyesatkan.

2. Film dan Music Review

Niche blog tentang film dan music review sangat bagus untuk Adsense. Blog ini bisa digarap dengan mengulas film-film dan musik terbaru baru saja rilis, mengulas para tokohnya, maupun penyanyina. Tapi awas jangan sampai salah fokus menjadi blog infotainment kacangan yang malah berisi gsip-gosip nggak jelas.

Blog ini biasanya sangat disukai karena nilai hiburannya yang tinggi. Apalagi bila blog ini digarap dengan serius dan sering mengupdate film dan musik yang kekinian, yang lagi booming. Untuk memaksimalkan blog ini, bisa menambahkan trailernya dengan link video Youtube.

3. Software dan Games

Hampir sama dengan film dan musik review, tema software dan games pun sangat diminati. Tidak hanya oleh orang dewasa, anak-anak pun pada masa sekarang ini sangat menggilai game terlebih lagi game online. 

Jika Anda memilih tema ini, Anda harus sering mengupdate informasi tentang software dan game yang sedang booming. Khusus games, biasanya yang laku keras adalah games online yang tidak jarang juga menghasilkan uang dari aktivitas game online.

4. Tempat Wisata / Traveling

Blog dengan niche tempat wisata / traveling baik di dalam negeri maupun luar negeri, banyak sekali peminatnya. Anda cukup mengulas sisi menarik dari tempat-tempat yang menarik untuk dikunjungi, cocok juga bila dilengkapi dengan informasi mengenai agen perjalanan, biaya, dan jangan ketinggalan foto-foto atau video tempat menarik tersebut.

5. Kesehatan

Kesehatan dan gaya hidup sehat untuk saat ini juga menjadi tren. Blog dengan tema ini sangat disukai, dan tentu sangat bermanfaat bagi segala usia. Anda bisa mengulas tips-tips kesehatan, resep-resep sederhana tradisional, pola hidup sehat, atau cara diet sehat, hingga hubungan suami istri.
Yang terpenting dan menjadi catatan bila Anda menggarap tema ini adalah tulislah konten blog dengan serius, tidak main-main, apalagi membuat spam yang menyesatkan pembaca hanya untuk mencari klik dolar yang tidak seberapa nilainya dibandingkan dengan nilai kesehatan manusia. Bisa jadi, salah-salah memberi tips dan resep, bisa berakibat fatal bagi pembaca yang memang menginginkan informasi agar sembuh dari sakitnya.

Demikian 5 contoh niche blog yang bagus untuk Adsense. Terima kasih telah membaca artikel ini.

Salam!




LihatTutupKomentar